Kamis, 18 Agustus 2011

Wisata Religi Petilasan Kadipaten Jipang Blora


Petilasan Kadipaten Jipang terletak di Desa Jipang, Kecamatan Cepu atau 45 Km ke arah Tenggara dari kota Blora. Obyek wisata ini merupakan obyek wisata peninggalan sejarah dan adat budaya. Pada jaman kerajaan Pajang Kadipaten Jipang Panilan terletak di Desa Jipang Kecamatan Cepu yang letaknya persis di pinggir Sungai Bengawan Solo. Disamping sebagai pusat pemerintahan juga sebagai Bandar perdagangan dengan memanfaatkan sungai Bengawan Solo.

Kadipaten Jipang saat itu dibawah pemerintahan Arya Penangsang dengan kudanya yang terkenal sakti bernama Gagak Rimang, yang sampai saat ini diabadikan menjadi nama RSPD kabupaten Blora. Petilasan kadipaten Jipang Panolan setelah dihancurkan oleh Pajang yang masih ada hingga sekarang yakni petilasan kadipaten panolan, petilasan siti hinggil, petilasan semayam keputren, petilasan bengawan sore, petilasan masjid.

Makam kerabat kadipaten Jipang pada waktu itu atau disebut makam gedhongan antara lain makam R. Bagus Sumantri, R Sosokusumo, RA. SEkar Winangkrong, Tumenggung Roro Atmojo serta pada kurang lebi 20 meter di tepi bengawan solo terdapat makam santri songo. Petilasan kadipaten Jipang ini banyak dikunjungi masyarakat untuk berziarah atau tujuan tertentu. Biasanya kawasan Petilasan Kadipaten Jipang ini ramai dikunjungi pada haris kamis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar